Senin, 03 Desember 2018

Undangan Penulisan Puisi “BULAN-BULAN DALAM SAJAK”



Undangan Penulisan Puisi
“BULAN-BULAN DALAM SAJAK”



Salam Kreatif
Salam Literasi Sastra

     Jangan sebut diri kita penyuka sastra jika belum pernah membaca puisi “Hujan Bulan Juni”-nya Sapardi Djoko Damono! Puisi nan indah karya sastrawan yang disebut-sebut paling banyak mempengaruhi gaya penulisan puisi di tanah air tiga dekade terakhir ini menggunakan salah satu nama bulan dalam penanggalan Masehi sebagai judul dan tema.

     Terinspirasi oleh puisi “Hujan Bulan Juni” dan harapan sederhana untuk mencatat-memahat sesuatu yang berkesan bagi kita di tahun 2018 ini maka jelang akhir tahun ini kami keluarga besar Lingkar Studi Sastra Setrawulan (LISSTRA) bekerjasama dengan Penerbit Temalitera, Dewan Kesenian Kabupaten Mojokerto (DKKM), serta beberapa pihak lainnya mengundang anda penyuka sastra dari seluruh penjuru tanah air, serta beberapa negara tetangga untuk menulis puisi dengan tema “Bulan-Bulan Dalam Sajak” (BBDS). 

     Dibuka: 01 Nopember 2018
     Ditutup25 Nopember 2018 (Pukul 23.55 WIB)

     Karya puisi yang lolos kurasi akan diterbitkan dalam satu buku “Antologi Puisi Bersama Bulan-Bulan Dalam Sajak”. Dengan asumsi bahwa akan dipilih 10 karya puisi pada setiap tema nama bulan maka akan terkumpul 120 karya puisi yang lolos dari proses KURATORIAL.

     Mengingat tema yang menjadi pilihan agenda undangan menulis puisi kali ini relatif unik, maka mohon diperhatikan dengan seksama yang menjadi aturan penulisan maupun pengiriman karya kreatif kali ini;



Aturan Penulisan:

  1. Undangan ini berlaku bagi semua penyair maupun bukan penyair, baik berdomisili di Indonesia maupun di luar negeri, tanpa batasan usia.
  2. Peserta diwajibkan memilih satu tema dengan nama bulan tertentu dalam penanggalan masehi untuk satu karya puisi. (Misalnya; Januari, Pebruari, Maret, dst)
  3.  Peserta hanya diperbolehkan mencantumkan 1 (satu) diksi nama bulan sesuai dengan tema yang dipilih dalam setiap karya puisi.
  4. Peserta tidak diperbolehkan mencantumkan nama bulan sesuai dengan tema yang dipilih dalam judul puisi.



Aturan Pengiriman

  1.  Naskah puisi ditulis dalam format Microsof Word/Rich Text Format (rtf), ukuran kertas kuarto A4, Times New Roman 12, spasi 1.
  2. Panjang naskah karya puisi maksimal 1 (satu) halaman untuk 1 (satu) puisi.
  3. Peserta diperbolehkan mengirimkan 2 – 5 karya puisi dengan pilihan tema nama bulan yang berbeda. 
  4. Di bawah naskah mencantumkan biodata peserta dalam bentuk narasi (maksimal 10 baris) serta foto diri. Tambahkan pula, alamat domisili, email, akun media sosial, nomor Whatssapp, dan nomor telepon yang dapat dihubungi.
  5. Naskah dikirim ke email: serikatbuku@gmail.com.  Dengan subjek: BBDS_(NAMA ASLI PENULIS)_(NAMA-NAMA BULAN YANG DIPILIH)_(NAMA KOTA DAN PROVINSI DOMISILI PENULIS). Contoh: BBDS_Nina Tsaqi_Maret-September-Nopember_Tasikmalaya Jawa Barat
  6. Nama-nama penulis yang naskah puisinya LOLOS KURASI akan diumumkan di www.lingkarstudisastrasetrawulan.blogspot.co.id dan diberitahukan via email sesuai dengan email yang digunakan saat mengirimkan naskah puisi
  7.  Setiap nama peserta yang telah mengirimkan naskah akan dipublikasikan di Group Facebook; Lingkar Studi Sastra Setrawulan.




Dewan Kurator

  • Anjrah Lelono Broto (Penulis, Owner Lingkar Studi Sastra Setrawulan)
  • Mohammad Saroni (Penyair, Pegiat Komunitas Sangkar Buku)
  • Agus Pramono (Penyair, Penghayat Sonian)


     Pihak penyelenggara hanya membantu seleksi naskah, menerbitkan menjadi buku, promosi, dan memberikan e-sertifikat kepada semua penulis yang tercantum dalam buku “Antologi Puisi Bersama Bulan-Bulan Dalam Sajak”. Buku akan diterbitkan secara indie/self publishing. Sedangkan biaya penerbitan, diusung bersama oleh penulis yang terpilih dengan cara membeli 1 (satu) eksemplar buku, dan atau membeli lebih dari satu buku. Biaya pembelian 1 (satu) eksemplar buku seharga Rp. 75.000,- (belum termasuk ongkir). Ongkir dihitung berdasarkan jauh-dekat tempat tinggal penulis.
     Buku “Antologi Puisi Bersama Bulan-Bulan Dalam Sajak” akan di-launching pada agenda seni dan sastra di bulan Desember 2018 di Mojokerto.


Narahubung:
M. Asrori – 085231586507


Salam Kreatif
Salam Literasi Sastra