Minggu, 31 Mei 2020

Undangan Menjadi Kontributor dalam Buku Kumpulan Esai 2020 “Imbas Virus Corona Pada Dimensi Pendidikan”






Salam Kreatif
Salam Literasi

Adalah sebuah kepahaman bersama bahwa merebaknya Virus Corona telah menyentuh berbagai dimensi kehidupan kita. Salah satunya adalah dimensi pendidikan; sebuah dimensi yang sebelumnya, sekarang, dan kelak akan menjadi wahana investasi generasi – baik secara material dan spiritual-. Sehingga, imbas merebaknya Virus Corona tidak hanya mengubah pola kegiatan belajar mengajar di lingkungan pendidikan, namun juga berpotensi mengubah cara pandang dan perilaku pendidik, peserta didik dan orang tua, pengambil kebijakan di dunia pendidikan, bahkan sekian elemen masyarakat lainnya yang menempatkan dunia pendidikan sebagai bagian integral dari kehidupannya.

Keluarga besar Lingkar Studi Sastra Setrawulan (LISSTRA) bekerja sama dengan Komunitas ERABUKU, dan GERBUKARTA (Gerakan Buku Karya Kita) mengundang siapa saja untuk berkontribusi melalui karya esai dalam agenda “Penulisan Bersama Buku Kumpulan Esai 2020” bertema “Imbas Virus Corona Pada Dimensi Pendidikan”. Karya esai yang nanti lolos kurasi akan diterbitkan bersama dalam buku “Kumpulan Esai Imbas Virus Corona Pada Dimensi Pendidikan”.

Ada pun ketentuannya adalah sebagai berikut:
1. Undangan untuk berkontribusi melalui karya esai ini terbuka bagi siapa saja, baik pendidik, akademisi, peserta didik, orang tua peserta didik, jurnalis, dokter, petani, penulis, dll, tanpa batasan usia.
2. Naskah karya esai sesuai dengan tema yang ditentukan di atas, gaya bahasa ringan/tidak baku seperti karya ilmiah (bisa berupa catatan pribadi, pengamatan, gagasan, maupun riset)
3. Naskah esai merupakan karya sendiri (bukan plagiasi dan atau terjemahan), dan boleh telah dipublikasikan di media massa (cetak/online) maupun akun jejaring sosial.
4. Peserta hanya diperbolehkan mengirimkan 1 karya esai.
5. Naskah karya esai ditulis dalam format doc/pdf kuarto A4, Times New Roman 12, spasi 1 (500-700 kata).
6. Di bawah naskah karya esai dicantumkan biodata peserta dalam bentuk narasi (maksimal 8 baris), foto diri, alamat domisili lengkap (untuk pengiriman buku), e-mail, akun media sosial, nomor Whatssapp, dan atau nomor telepon yang dapat dihubungi.
7. Naskah dikirim ke email: erabuku2020@gmail.co­m atau melalui Whatsaap (WA): 085854274197. Dengan subjek: EsaiCorona_(NAMA ASLI PENULIS)_(NAMA KOTA DAN PROVINSI DOMISILI PENULIS). Contoh: EsaiCorona_Najwa Syahrani_Padang Sumatera Barat.
8. Naskah dikirimkan sejak tanggal 01 Juni 2020 - 20 Juni 2020 Pukul 23.00 WIB.
9. Nama-nama kontributor LOLOS KURATORIAL akan diumumkan pada tanggal 25 Juni 2020 di www.lingkarstudisast­rasetrawulan.blogspo­t.com, media partner, dan via email yang digunakan saat mengirimkan naskah esai.

Pihak penyelenggara hanya membantu seleksi naskah, menerbitkan menjadi buku, promosi, dan memberikan e-sertifikat kepada semua kontributor. Buku akan diterbitkan secara Print On Demand (POD), secara indie/self publishing. Sedangkan biaya penerbitan dan cetak buku diusung bersama oleh kontributor lolos kuratorial dengan cara membeli 1 (satu) eksemplar buku (dan atau membeli lebih dari satu buku). Biaya pembelian 1 (satu) eksemplar buku adalah Rp. 75.000,- (belum termasuk ongkos kirim). Ongkos kirim dihitung berdasarkan jauh-dekat tempat tinggal kontributor.

Salam Kreatif
Salam Literasi



Penyelenggara:
Lingkar Studi Sastra Setrawulan (LISSTRA)
Sebuah Komunitas Non-Sanggar
e-mail: lingkarstiga@gmail.c­om
web: www.lingkarstudisast­rasetrawulan.blogspo­t.com

Bekerjasama dengan:
Komunitas ERABUKU
e-mail: erabuku2020@gmail.co­m

GERBUKARTA (Gerakan Buku Karya Kita)
e-mail: gerbukarta_indonesia­@gmail.com

Catatan:
Kami membuka kerjasama bagi lembaga/organisasi lain yang memiliki kesamaan visi-misi, serta mengapresiasi agenda ini.


Penanggungjawab:
Anjrah Lelono Broto (WA 085854274197)