Sabtu, 28 Maret 2020

MAKLUMAT UNDANGAN KARYA Antologi Puisi Bersama 2020 “PEREMPUAN ISTIMEWA”



Salam Kreatif
Salam Literasi Sastra

     Adalah sebuah kemahfuman bahwa setiap pribadi –kaum adam maupun kaum hawa- dalam sepersekian momentum kehidupan memiliki sosok/figur/karakter/profesi/komunitas ‘Perempuan Istimewa’, baik di dalam realita maupun di dalam imajinasinya. Penyematan atribut ’Istimewa’ pada sosok/figur/karakter/profesi/komunitas perempuan tersebut tentu tidak lahir dalam keserta-mertaan, namun melalui perjalanan inspiratif yang membuka ruang-ruang kontemplatif bagi siapa saja yang mau dan mampu membacanya dengan kesungguhan.

     Maklumat ini merupakan undangan resmi kepada segenap penyair (maupun yang merasa bukan penyair) dari seluruh penjuru Indonesia dan beberapa negara tetangga sebagai pribadi yang memiliki sosok/figur/karakter/profesi/komunitas ‘Perempuan Istimewa’ untuk diprasastikan bersama dalam sebentuk karya sastra berupa PUISI. Karya puisi yang nanti lolos proses kuratorial akan diterbitkan dalam satu buku “Antologi Puisi Bersama Perempuan Istimewa 2020”.

     Ada pun ketentuannya adalah sebagai berikut,


  1. Undangan ini berlaku bagi semua penyair maupun bukan penyair, laki-laki maupun perempuan, baik berdomisili di Indonesia maupun di luar negeri, tanpa batasan usia.
  2. Naskah puisi ditulis dalam format Rich Text Format (RTF), ukuran kertas kuarto A4, Times New Roman 12, spasi 1.
  3. Panjang naskah karya puisi maksimal 30 baris, 1 (satu) halaman untuk 1 (satu) puisi.
  4. Peserta diperbolehkan mengirimkan 2 – 4 karya puisi (1 puisi bertema ‘Perempuan Istimewa’ dan sisanya bertema bebas). 
  5. Di bawah naskah karya puisi dicantumkan biodata peserta dalam bentuk narasi (maksimal 10 baris) serta foto diri dengan disertai alamat domisili lengkap (untuk pengiriman buku), e-mail, akun media sosial, nomor Whatssapp, dan atau nomor telepon yang dapat dihubungi.
  6. Naskah dikirim ke email: lingkarstiga@gmail.com.
  7. Dengan subjek:: PI_(NAMA ASLI PENULIS)_(NAMA KOTA DAN PROVINSI/NEGARA DOMISILI PENULIS). Contoh: PI_Iqbal Ramadhan_Tulangbawangbarat Lampung
  8. Naskah boleh dikirimkan sejak pengumuman maklumat ini hingga 20 April 2020 Pukul 23.00 WIB.
  9. Nama-nama penulis yang naskah puisinya LOLOS KURASI akan diumumkan di www.lingkarstudisastrasetrawulan.blogspot.com, media partner, dan diberitahukan via email sesuai dengan email yang digunakan saat mengirimkan naskah puisi
  10. Setiap nama peserta yang telah mengirimkan naskah akan dipublikasikan di Group Facebook; Lingkar Studi Sastra Setrawulan.


     Pihak penyelenggara hanya membantu seleksi naskah, menerbitkan menjadi buku, promosi, dan memberikan e-sertifikat kepada semua peserta dalam buku “Antologi Puisi Bersama Perempuan Istimewa 2020”. Buku akan diterbitkan secara indie/self publishing. Sedangkan biaya penerbitan, diusung bersama oleh penyair yang terpilih dengan cara membeli 1 (satu) eksemplar buku, dan atau membeli lebih dari satu buku. Biaya pembelian 1 (satu) eksemplar buku seharga Rp. 90.000,- (belum termasuk ongkos kirim). Ongkos kirim dihitung berdasarkan jauh-dekat tempat tinggal penyair.

     Demikian maklumat ini disampaikan secara resmi dengan segala kerendahan hati. Semoga niatan dan itikad baik untuk lebih mengapresiasi sosok/figur/karakter/profesi/komunitas ‘Perempuan Istimewa’ dalam realitas maupun imajinasi melalui karya puisi ini sedikit banyak menjadikan diri kita, orang-orang yang kita sayangi, serta peradaban ini menjadi lebih baik. Terima kasih atas perhatiannya.


Salam Kreatif
Salam Literasi Sastra



Penyelenggara:
Lingkar Studi Sastra Setrawulan (LISSTRA)
Sebuah Komunitas Non-Sanggar
e-mail: lingkarstiga@gmail.com
web: www.lingkarstudisastrasetrawulan.blogspot.com

Penanggungjawab:
Anjrah Lelono Broto (WA 085854274197)