Jumat, 08 Maret 2019

Menulis di Buletin MERAH HATI



Salam Sastra
     Dengan mengucapkan puji syukur tiada terkira, di bulan April 2019 akan terbit edisi #1 dari Buletin MERAH HATI; sebuah alternatif media sastra yang diterbitkan oleh Lingkar Studi Sastra Setrawulan (LISSTRA). Tagline media ini adalah “berbagi serta mencerahkan”, dalam tagline tersebut terkandung visi dan misi media ini yaitu menjadi wahana berbagi gagasan dan karya sastra yang mengusung pesan-pesan pencerahan bagi diri penulisnya sendiri dan pembacanya.
     Sebagaimana media sastra yang diterbitkan oleh komunitas, bukan lembaga pemerintah dan atau organisasi kemasyarakatan yang menjadi perpanjangan tangan  organisasi politik tertentu, Buletin MERAH HATI juga memiliki rubrikasi yang memuat karya –karya sastra serta artikel lain yang menjadikan sastra sebagai objek kajian.
     Rubrikasi di Buletin MERAH HATI, meliputi:
1.  Lensa (memuat artikel tentang keterkaitan realitas kekinian dengan karya sastra).
2.  Puitika (memuat puisi-puisi dari satu dan atau dua penyair)
3.  Cerita (memuat cerpen yang sesuai dengan  visi dan misi)
4.  Merah Muda (memuat puisi dan cerpen karya siswa)
5.  Figura (memuat profil sastrawan/pribadi lain yang memiliki kepedulian pada dunia sastra)
6.  Selayang (memuat informasi agenda sastra yang telah dan akan berlangsung)

     Penasaran?!  Cermati Tata Pengiriman Naskah, berikut ini:
1.   Naskah yang dikirim tidak mengandung unsur-unsur pornografi, berbau SARA, dan anti Pancasila.
2.  Kesemua naskah untuk masing-masing rubrik dikirimkan dalam bentuk file word office 2007, ukuran A4, times new roman 12, spasi 1, serta dikirimkan ke redaksimerahhati@gmail.com dalam bentuk lampiran (attachment) dengan subjek: nama rubrik_nama lengkap pengirim. Contoh: Puitika_Siti Munawaroh.
3.  Naskah esai  dan cerpen untuk rubrikasi Lensa, Cerita, Merah Muda, Figura, dan  Selayang terdiri dari 2 – 3 halaman.
4.  Penyair diharapkan mengirimkan minimal 2 puisi untuk rubrikasi  Puitika dan Merah Muda.
5.  Sertakan biodata singkat (maksimal 5 kalimat) dan foto diri di bagian akhir naskah esai, cerpen, maupun puisi (khusus naskah yang dikirimkan untuk rubrikasi Merah Muda, harap menyertakan foto/scan  kartu pelajar yang masih berlaku).
6.  Redaksi berhak mengedit naskah yang kurang sesuai dengan visi dan misi Buletin MERAH HATI.

     Dengan mengucapkan maaf yang tiada terhingga, redaksi MERAH HATI belum bisa memberikan honorarium. Namun, redaksi memberikan e-piagam bagi setiap pengirim yang naskah dimuat.  Untuk diketahui, dalam edisi-edisi awal ini Buletin MERAH HATI tidak disebarluaskan dalam bentuk cetak maupun media online, melainkan dalam bentuk PDF dan dapat dikunjungi serta diunduh di https://issuu.com/.
     Karya-karya anda yang mencerahkan mohon dibagi di media ini.
     Salam Sastra


Mojokerto, 08 Maret 2019
Tertanda’


Redaksi Buletin MERAH HATI