Selasa, 05 Maret 2019

Metode “Snowflake” untuk Menulis Novel



Oleh Randy Ingermanson, Ph.D.
Fisikawan dan Penulis Amerika


 
NOVEL-Menulis novel itu mudah. Menulis novel yang bagus itu sulit. Itulah hidup. Jika mudah, kita semua akan menulis fiksi yang paling laris dan memenangkan hadiah.
Terus terang, ada seribu orang yang berbeda di luar sana yang dapat memberi tahu Anda cara menulis novel. Ada seribu metode berbeda. Yang terbaik untuk Anda adalah yang bekerja bagi Anda.
Dalam artikel ini, saya ingin berbagi dengan Anda apa yang berhasil bagi saya. Saya telah menerbitkan enam novel dan memenangkan sekitar selusin penghargaan untuk tulisan saya. Saya mengajarkan keterampilan menulis fiksi di seminar kepenulisan sepanjang waktu. Salah satu kuliah saya yang paling populer adalah yang satu ini: Cara menulis novel menggunakan apa yang saya sebut “Metode Snowflake.” 
Pentingnya Desain
Fiksi yang bagus tidak terjadi begitu saja, itu dirancang. Anda dapat melakukan pekerjaan desain sebelum atau sesudah Anda menulis novel Anda. Saya telah melakukannya dengan dua cara dan saya sangat yakin bahwa melakukannya lebih cepat dan mengarah ke hasil yang lebih baik. Desain adalah kerja keras, jadi penting untuk menemukan prinsip panduan sejak dini. Artikel ini akan memberi Anda metafora yang kuat untuk memandu desain Anda.
Pertanyaan mendasar kami adalah ini: Bagaimana Anda mendesain sebuah novel?
Beberapa langkah pertama terlihat seperti ini: 
Saya menyatakan bahwa begitulah cara Anda mendesain sebuah novel – Anda memulai dari yang kecil, kemudian membangunnya hingga terlihat seperti sebuah cerita. Bagian dari ini adalah karya kreatif, dan saya tidak dapat mengajari Anda cara melakukannya. Tidak di sini. Tetapi sebagian dari pekerjaan itu hanya mengelola kreativitas Anda – membuatnya terorganisir menjadi novel yang terstruktur dengan baik. Itu yang saya ingin sampaikan di sini.
Jika Anda seperti kebanyakan orang, Anda menghabiskan waktu lama memikirkan novel Anda sebelum Anda mulai menulis. Anda dapat melakukan penelitian. Anda melamun tentang bagaimana ceritanya akan bekerja. Anda bertukar pikiran. Anda mulai mendengar suara-suara dari berbagai karakter. Anda berpikir tentang apa isi buku itu. Ini adalah bagian penting dari setiap buku yang saya sebut sebagai “pengomposan”. Ini adalah proses informal dan setiap penulis melakukannya dengan cara berbeda. Saya akan berasumsi bahwa Anda tahu cara mengompos ide cerita Anda dan bahwa Anda telah memiliki novel yang terkomposisasi dengan baik di pikiran Anda dan bahwa Anda siap untuk duduk dan mulai menulis novel itu.
Sepuluh Langkah Desain
Tetapi sebelum Anda mulai menulis, Anda perlu terorganisasi. Anda harus meletakkan semua ide indah di atas kertas dalam bentuk yang dapat Anda gunakan. Mengapa? Karena ingatan Anda tidak sempurna, dan kreativitas Anda mungkin meninggalkan banyak lubang dalam cerita Anda – lubang yang perlu Anda isi sebelum Anda mulai menulis novel Anda. Anda membutuhkan dokumen desain. Dan Anda perlu memproduksinya menggunakan proses yang tidak membunuh keinginan Anda untuk benar-benar menulis cerita. Berikut adalah proses sepuluh langkah saya untuk menulis dokumen desain. Saya menggunakan proses ini untuk menulis novel saya, dan saya berharap ini akan membantu Anda.
Langkah 1)
Luangkan satu jam dan tulis ringkasan satu kalimat dari novel Anda. Sesuatu seperti ini: “Seorang fisikawan jahat berjalan kembali pada waktunya untuk membunuh rasul Paulus.” (Ini adalah ringkasan untuk novel pertama saya, Pelanggaran.) Kalimat itu akan melayani Anda selamanya sebagai alat penjualan sepuluh detik. Ini adalah gambaran besar, analog segitiga awal yang besar dalam gambar kepingan salju.
Ketika Anda kemudian menulis untuk pengajuan buku Anda, kalimat ini akan muncul di awal pengajuan. Ini adalah poin penting yang akan menjual buku Anda ke editor Anda, ke komite Anda, kepada tenaga penjualan, pemilik toko buku, dan akhirnya kepada pembaca. Jadi, buat yang terbaik yang kamu bisa!
Beberapa petunjuk tentang apa yang membuat kalimat yang bagus:
• Lebih pendek lebih baik. Coba kurang dari 15 kata.
• Tidak ada nama karakter.
• Ikatlah bersama gambar besar dan foto pribadi. Karakter mana yang paling kehilangan dalam cerita ini? Sekarang beri tahu saya apa yang ingin dia cari/dapatkan.
• Bacalah satu baris blurb di daftar New York Times Bestseller untuk mempelajari cara melakukan ini. Menulis deskripsi satu kalimat adalah bentuk seni.

Langkah 2)
Luangkan satu jam lagi dan perluas kalimat itu ke paragraf lengkap yang menjelaskan pengaturan cerita, bencana besar, dan akhir novel. Ini adalah analog dari tahap kedua dari kepingan salju. Saya suka menyusun cerita dengan “tiga bencana dan sebuah ending”. Setiap bencana mengambil seperempat dari buku untuk dikembangkan dan ending mengambil kuartal terakhir. Saya tidak tahu apakah ini adalah struktur yang ideal, itu hanya selera pribadi saya.
Langkah 3)
Di atas memberi Anda pandangan tingkat tinggi novel Anda. Sekarang Anda perlu sesuatu yang serupa untuk alur cerita dari masing-masing karakter Anda. Karakter adalah bagian terpenting dari novel apa pun, dan waktu yang Anda investasikan untuk mendesainnya di depan akan menghasilkan sepuluh kali lipat ketika Anda mulai menulis. 
Untuk setiap karakter utama Anda, luangkan waktu satu jam dan tulis lembar ringkasan satu halaman yang memberi tahu:
1. Nama karakter
2. Ringkasan satu kalimat dari alur cerita karakter
3. Motivasi karakter (apa yang dia inginkan secara abstrak?)
4. Tujuan karakter (apa yang dia inginkan secara konkret?)
5. Konflik karakter (apa yang mencegahnya mencapai tujuan ini?)
6. (apa yang akan dia pelajari, bagaimana dia akan berubah?
7. Ringkasan satu paragraf alur cerita karakter

Poin penting: Anda mungkin menemukan bahwa Anda harus kembali dan memperbaiki ringkasan satu kalimat dan/atau ringkasan satu paragraf Anda. Lanjutkan! Ini bagus – itu berarti karakter Anda mengajari Anda hal-hal tentang cerita Anda. Tidak masalah untuk membaca ulang setiap tahap proses desain dan merevisi tahapan sebelumnya. Faktanya, itu bukan hanya oke – itu tidak bisa dihindari. Dan itu bagus. Revisi apa pun yang Anda buat sekarang adalah revisi yang tidak perlu Anda lakukan nanti setelah naskah mencapai 400 halaman.
Hal penting lainnya: Tidak harus sempurna. Tujuan dari setiap langkah dalam proses desain adalah untuk memacu Anda ke langkah berikutnya. Jaga momentum Anda untuk melangkah ke depan! Anda selalu dapat kembali lagi nanti dan memperbaikinya ketika Anda memahami ceritanya dengan lebih baik. Anda akan melakukan ini juga, kecuali Anda jauh lebih pintar dari saya.
Langkah 4)
Pada tahap ini, Anda harus memiliki gagasan bagus tentang gambaran besar novel Anda, dan Anda hanya menghabiskan satu atau dua hari. Yah, sebenarnya, Anda mungkin menghabiskan waktu seminggu, tetapi itu tidak masalah. Jika ceritanya rusak, Anda tahu itu sekarang, daripada setelah menghabiskan 500 jam untuk draf pertama yang bertele-tele. Jadi, sekarang teruslah menumbuhkan cerita. Ambil beberapa jam dan perluas setiap kalimat dari paragraf ringkasan Anda menjadi satu paragraf lengkap. Semua, kecuali paragraf terakhir, harus berakhir dengan bencana. Paragraf terakhir harus menceritakan bagaimana buku itu berakhir.
Ini sangat menyenangkan, dan di akhir latihan, Anda memiliki kerangka satu halaman yang cukup bagus dari novel Anda. Tidak apa-apa jika Anda tidak bisa mendapatkan semuanya ke satu halaman spasi tunggal. Yang penting adalah Anda menumbuhkan ide-ide yang akan masuk ke dalam cerita Anda. Anda memperluas konflik. Anda sekarang harus memiliki sinopsis yang sesuai untuk lembar pengajuan novel Anda, meskipun ada alternatif yang lebih baik untuk lembar pengajuan itu.
.
Langkah 5)
Ambil satu atau dua hari dan tulis satu halaman deskripsi dari masing-masing karakter utama dan deskripsi setengah halaman dari karakter penting lainnya. “Sinopsis karakter” ini harus menceritakan kisah dari sudut pandang masing-masing karakter. Seperti biasa, jangan ragu untuk kembali ke langkah sebelumnya dan membuat revisi saat Anda mempelajari hal-hal keren tentang karakter Anda. Saya biasanya sangat menikmati langkah ini dan akhir-akhir ini, saya telah menempatkan “karakter sinopsis” yang dihasilkan ke dalam proposal saya daripada sebuah sinopsis berbasis plot. Editor suka sinopsis karakter, karena editor menyukai fiksi berbasis karakter.
Langkah 6)
Sekarang, Anda memiliki cerita yang solid dan beberapa alur cerita, satu untuk setiap karakter. Sekarang, luangkan waktu seminggu dan rentangkan ringkasan alur satu halaman dari novel itu ke ringkasan empat halaman. Pada dasarnya, Anda akan memperluas setiap paragraf dari langkah (4) menjadi satu halaman penuh. Ini sangat menyenangkan, karena Anda mencari tahu logika tingkat tinggi dari cerita dan membuat keputusan strategis. Di sini, Anda pasti ingin mengulang kembali dan memperbaiki hal-hal di langkah sebelumnya saat Anda mendapatkan wawasan tentang cerita dan ide-ide baru yang menghantam wajah Anda.
Langkah 7)
Luangkan satu minggu lagi dan perluas deskripsi karakter Anda ke dalam grafik karakter lengkap yang menjelaskan segala hal yang perlu diketahui tentang masing-masing karakter. Hal-hal standar seperti tanggal lahir, deskripsi, sejarah, motivasi, tujuan, dll. Yang paling penting, bagaimana karakter ini akan berubah pada akhir novel? Ini adalah perluasan pekerjaan Anda dalam langkah (3), dan itu akan mengajari Anda banyak hal tentang karakter Anda. Anda mungkin akan kembali dan merevisi langkah-langkah (1-6) ketika karakter Anda menjadi “nyata” bagi Anda dan mulai membuat tuntutan-tuntutan pada cerita. Ini bagus – fiksi hebat adalah karakter yang digerakkan.
Luangkan waktu sebanyak yang Anda perlukan untuk melakukan ini, karena Anda hanya menghemat waktu di hilir. Ketika Anda telah menyelesaikan proses ini, (dan mungkin diperlukan waktu satu bulan penuh untuk bekerja di sini), Anda memiliki sebagian besar dari apa yang Anda butuhkan untuk menulis lembar pengajuan. Jika Anda adalah seorang penulis novel yang sudah terpublikasi, maka Anda dapat menulis proposal sekarang dan menjual novel Anda sebelum Anda menulisnya. Jika Anda belum dipublikasikan, maka Anda perlu menulis seluruh novel Anda terlebih dahulu sebelum Anda dapat menjualnya. Tidak, itu tidak adil, tetapi hidup tidak adil dan dunia penulisan fiksi sangat tidak adil.
Langkah 8)
Anda mungkin atau mungkin tidak mengambil cuti di sini, menunggu buku untuk dijual. Pada titik tertentu, Anda harus benar-benar menulis novel. Sebelum Anda melakukan itu, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat draf pertama dengan lebih mudah. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengambil ringkasan empat halaman dan membuat daftar semua adegan yang Anda perlukan untuk mengubah cerita menjadi sebuah novel. Dan cara termudah untuk membuat daftar itu adalah dengan spreadsheet.
Untuk beberapa alasan, ini menakutkan bagi banyak penulis. Anda belajar menggunakan pengolah kata. Spreadsheet lebih mudah. Anda perlu membuat daftar adegan, dan spreadsheet dibuat untuk membuat daftar. Jika Anda butuh les, beli buku. Ada ribuan di luar sana, dan salah satunya akan bekerja untuk Anda. Ini akan membawa Anda kurang dari sehari untuk mempelajari sedikit yang Anda butuhkan. Ini akan menjadi hari paling berharga yang pernah Anda habiskan. Lakukan! Buatlah spreadsheet yang merinci adegan yang muncul dari garis besar plot empat halaman Anda.
Buat satu baris untuk setiap adegan. Dalam satu kolom, daftar sudut pandang karakter. Di kolom lain (lebar), beri tahu apa yang terjadi. Jika Anda ingin lebih bagus, tambahkan lebih banyak kolom yang memberi tahu Anda berapa banyak halaman yang akan Anda tulis untuk adegan itu. Spreadsheet sangat ideal, karena Anda dapat melihat seluruh alur cerita dalam sekejap, dan mudah untuk menggerakkan adegan untuk mengatur ulang berbagai hal.
Spreadsheet saya biasanya memiliki panjang lebih dari 100 baris, satu baris untuk setiap adegan novel. Saat saya mengembangkan ceritanya, saya membuat versi baru dari spreadsheet cerita saya. Ini sangat penting untuk menganalisis sebuah cerita. Diperlukan waktu seminggu untuk membuat spreadsheet yang bagus. Setelah selesai, Anda dapat menambahkan kolom baru untuk nomor bab dan menetapkan satu bab untuk setiap adegan.
Langkah 9)
(Opsional. Saya tidak melakukan langkah ini lagi.) Beralih kembali ke pengolah kata Anda dan mulailah menulis deskripsi naratif dari cerita. Ambil setiap baris spreadsheet dan perluas ke beberapa paragraf deskripsi dari tempat kejadian. Masukkan dialog keren apa pun yang Anda pikirkan, dan buat sketsa konflik dari adegan itu. Jika tidak ada konflik, Anda akan mengetahuinya di sini dan Anda harus menambahkan konflik atau mempercantik adegan.
Saya biasa menulis satu atau dua halaman per bab, dan saya memulai setiap bab di halaman baru. Lalu saya hanya mencetak semuanya dan memasukkannya ke dalam kertas catatan, jadi setelahnya saya bisa dengan mudah menukar bab-bab atau merevisi bab-bab tanpa mengacaukan yang lain. Proses ini biasanya memakan waktu seminggu dan hasil akhirnya adalah dokumen cetak 50 halaman yang saya akan revisi dengan tinta merah ketika saya menulis draf pertama.
Semua ide bagus saya ketika saya bangun di pagi hari ditulis tangan di pinggir dokumen ini. Ini, omong-omong, adalah cara yang agak tidak menyakitkan untuk menulis sinopsis terperinci yang ditakuti semua penulis. Tetapi sebenarnya menyenangkan untuk dikembangkan, jika Anda telah melakukan langkah-langkah (1) hingga (8) terlebih dahulu. Ketika saya melakukan langkah ini, saya tidak pernah menunjukkan sinopsis ini kepada siapa pun, apalagi kepada editor – itu hanya untuk saya sendiri. Saya suka menganggapnya sebagai prototipe draf pertama. Bayangkan menulis draf pertama dalam seminggu! Ya, Anda dapat melakukannya dan itu waktu yang layak. Tetapi saya akan jujur, saya tidak merasa membutuhkan langkah ini lagi, jadi saya tidak melakukannya sekarang.
Langkah 10)
Pada titik ini, duduk saja dan mulailah menggebrak draft pertama novel yang sebenarnya. Anda akan terkejut melihat betapa cepatnya kisah itu keluar dari jari-jari Anda pada tahap ini. Saya telah melihat para penulis melipatgandakan kecepatan penulisan fiksi mereka semalam, sambil menghasilkan rancangan pertama yang lebih berkualitas daripada yang biasanya mereka hasilkan pada draf ketiga.

Anda mungkin berpikir bahwa semua kreativitas dilenyapkan dari cerita pada saat ini. Sebenarnya, tidak. Tidak, kecuali Anda melebih-lebihkan analisis Anda ketika menulis “Snowflake” Anda. Ini seharusnya menjadi bagian yang menyenangkan, karena ada banyak masalah logika berskala kecil yang dapat dikerjakan di sini.

Tahap ini sangat menyenangkan dan mengasyikkan. Saya telah mendengar banyak penulis fiksi mengeluh tentang betapa sulitnya konsep pertama. Selalu, itu karena mereka tidak tahu apa yang akan terjadi selanjutnya. Astaga! Hidup terlalu singkat untuk menulis seperti itu! Tidak ada alasan untuk menghabiskan 500 jam menulis draf pertama novel Anda ketika Anda dapat menulis yang padat dalam 150 jam saja.
Sekitar tengah-tengah draft pertama, saya biasanya mengambil nafas dan memperbaiki semua bagian yang rusak dari dokumen desain saya. Ya, dokumen desainnya tidak sempurna. Tidak apa-apa. Dokumen-dokumen desain tidak tetap di beton, mereka adalah seperangkat dokumen hidup yang tumbuh saat Anda mengembangkan novel Anda.
Selama bertahun-tahun, saya telah mengajarkan metode “Snowflake” kepada ratusan penulis di seminar. Saya juga telah memposting artikel ini di situs web saya untuk waktu yang lama, dan halaman tersebut sekarang telah dilihat lebih dari 6.000.000 kali. Saya telah mendengar dari banyak, banyak penulis. Sebagian orang menyukai “Snowflake”; ada yang tidak. Sikap saya adalah bahwa jika itu berhasil untuk Anda, maka gunakanlah. Jika hanya sebagian yang berfungsi untuk Anda, maka gunakan hanya bagian-bagian itu. Saya menulis novel saya sendiri menggunakan metode “Snowflake.”
Untuk waktu yang lama, saya melakukannya dengan cara yang sulit, menggunakan Microsoft Word untuk menulis teks dan Microsoft Excel untuk mengelola daftar adegan. Sayangnya, tak satu pun dari mereka yang tahu tentang struktur fiksi. Akhirnya, saya menyadari bahwa akan jauh lebih mudah untuk bekerja melalui metode jika alat-alat itu dirancang khusus untuk fiksi.


Sumber: